Monday, June 6, 2011

Kenangan Jambore II, Bali

Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FoPMI) mengadakan gathering tahunan atau biasa disebut dengan Jambore. Setelah tahun lalu diadakan di Karimunjawa, untuk kali ini di adakan di Pulau Dewata, Bali. Dimulai dari tanggal 13 - 17 Mei 2011, acara ini diikuti oleh 38 peserta. Semuanya berasal dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Mulai dari Bogor, Jakarta, Semarang, Bandung, Jogjakarta, Denpasar, Karangasem, Malang dan Makassar. 

Jambore kali ini dilakukan penyelaman di Tulamben, sebuah dive spot yang sudah terkenal akan keindahan kapal USS Liberty yang tenggelam pada tahun 1946 ketika Perang Dunia kedua. Biasa disebut dengan dive spot wreckship, disini bisa melihat banyaknya karang lunak dan sea fan. Tak lupa, schooling (kumpulan) ikan-ikan target seperti ikan sirip kuning, ikan kakap, dan lain-lain.

Selain turis lokal, daerah ini sering dikunjungi oleh turis mancanegara. Tak heran, banyak bertebaran dive shop yang menjajakan penyewaan peralatan selam. Wreckship menjadi daya tarik wisata yang sangat menjanjikan. Tak hanya wreckship, tapi daerah slope (Seraya) menjadi salah satu favorit juga. Kami pun sempat mencicipi indahnya bawah laut di Seraya. Tak jauh dari wreckship, Seraya bisa dijangkau 10 menit berenang dari titik wreckship.

Yang berbeda dari Jambore tahun lalu, adalah pemilihan Ketua Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FoPMI) untuk masa bakti 2011-2013. Seharusnya ada 14 kandidat pengurus, namun ada yang tidak datang sehingga sisa tujuh orang kandidat. Mereka akhirnya kampanye mengenai program kerja yang akan dilaksanakan dan struktur organisasi yang akan mereka jalankan.

Adapun kandidat yang hadir, Budi Rahman (UNyil UGM), Erma Noormasari (UNyil UGM), Atrasina Adlina (MSDC Unhas), Ari Fengkeari Karim (MSDC Unhas), Rangga Afianto (UNyil UGM), Hadi Wijayanto (ISIP), dan Ias Biondi (Uksa 387).

Hari kedua di Bali, dilakukan kampanye dari semua kandidat. Sedangkan hari ketiga dilakukan musyawawah para peserta Jambore untuk menentukan Ketua FoPMI. Setelah musyawarah yang cukup panjang, akhirnya terpilihlah Budi Rahman sebagai Ketua FoPMI periode 2011-2013.

Esoknya, seluruh peserta pun kembali ke Denpasar dan kembali ke daerah masing-masing. Dengan membawa cerita tentang indahnya Bali dan asiknya berkumpul dengan penyelam se-Indonesia.

Buat anggota FoPMI yang belum sempet ikutan, jangan lewatkan keseruan Jambore III tahun depan ya. Ada masukan untuk Jambore III tahun depan?? 
:)

2 comments: